MENGAJAR HIDROPONIK DI KARIMUNJAWA




Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Tanah tidak dibutuhkan dalam penanaman tanaman hidroponik ini dan air yang dibutuhkan lebih sedikit dari pada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah sehingga sangat cocok pada daerah yang memiliki pasokan tanah yang subur dan air yang terbatas terlebih saat musim kemarau tiba.

Desa Tanjung Gelam merupakan salah satu desa yang berada di Pulau Karimunjawa dan lokasinya berdekatan dengan wisata Pantai Tanjung Gelam. Keberhasilan pertanian di lahan pasir sangat sulit, banyak kendala yang harus dihadapi untuk mencapai keberhasilannya. Adanya iklim yang sangat panas, sering terjadi badai garam, minim unsur hara, porositas lahan yang tinggi, dan pasir pantai yang telah terendam air garam selama jutaan tahun.

Mahasiswa Pecinta Alam WAPEALA UNDIP mendorong warga agar dengan melakukan pengajaran Hidroponik pada hari Sabtu,(28/07/18) dengan tujuan warga dapat melakukan penanaman Hidroponik, karena tidak memerlukan lahan yang luas, tanah, dan kebutuhan air yang sedikit serta menambah ruang terbuka hijau.  “Kami melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Tanjung Gelam dikarenakan untuk mendorong warga masyarakat di daerah tersebut agar mengerti apa itu hidroponik, bagaimana sistem penanamannya, dan mengembangkan usaha bercocok tanam di daerah sekitar wisata tersebut.” Ujar ketua pelaksana.

“Awalnya kami belum mengerti, apa itu tanaman hidroponik, bagaimana cara penanaman dan perawatanya, dan menurut kami acara ini sangat bermanfaat bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara melakukan penanaman hidroponik yang mudah, sehingga kami dapat melakukan penanaman baik itu berupa sayuran, buah-buahan dan tanaman hias dengan mudah.”, ujar salah satu warga yang mengikuti pengajaran tersebut.

Dengan adanya kegiatan pengajaran ini, diharapkan warga menjadi lebih memahami dan mampu untuk menanam tanaman hidroponik dalam kehidupan sehari – hari  dan dapat bermanfaat bagi seluruh warga yang terlibat didalamnya..





Postingan populer dari blog ini

pengenalan diving (mari menyelam).

Gunung Slamet, Keparingan Slamet Dumugi Mandhap.

Mahameru, Butiran Pasir Keteguhan