WAHANA FLYINGFOX BARU SOKO LANGIT



Jum'at, 27 Oktober 2017

Telah dilaksanakan kegiatan dari Pengurus Harian (PH) Bidang Danus WAPEALA yaitu proyek outbound pada 26 & 27 Oktober 2017. Kali ini WAPEALA berkesempatan untuk membuat lintasan flyingfox. Kegiatan dilaksanakan di tempat wisata Soko Langit, Desa Conto, Bulu Kerto, Wonogiri, Jawa Tengah.
Kesempatan kali ini Anggota WAPEALA yang turut ikut serta dalam proyek pembuatan lintasan flyingfox adalah W- 548 Cp (Ahmad Zaki Fuadi), W-682 Nl (Heharero Tesar A.), W-683 Nl (David Pandu H.), W-685 Nl (Irvan Evendi),W-701 Pa (Tahmida Fatmala Z.), dan W-702 Pa (Brillian Ayu C.).
Proyek ini diperoleh WAPEALA dari Anggota Luar Biasa (ALB) WAPEALA yaitu W- 548 Cp (Ahmad Zaki Fuadi). Salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam proyek ini adalah melihat keahlian Anggota Biasa (AB) WAPEALA di kegiatan tali temali dan ketinggan.
Kegiatan dimulai pada kamis pagi dengan semangat jiwa muda yang tinggi. Proses pembuatan dimulai dengan mengulur tali seling baja dengan ketebalan 12 mm sepanjang 180 m dari tambatan yang tinggi ke tambatan yang rendah. Setelah itu menegangkan tali dan menguncinya agar keamanan terjamin. Sore menjelang saat melakukan pengencangan tiba-tiba kayu penahan patah dan harus dilakukan pengencangan ulang yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Akhirnya ketua tim proyek kali ini memutuskan untuk meneruskan kegiatan pada hari berikutnya karena waktu sudah tidak efektif untuk melakukan pekerjaan.
Hari kedua pekerjaan dilakukan dengan lebih cepat dan pembagian tugas lebih jelas karena belajar dari hari sebelumnya. Akhirnya proyekpun diselesaikan dengan lancar dan selanjutnya adalah melakukan uji coba lintasan dan memberikan training untuk pekerja yang menjadi operator flyingfox. Pelatihan yang diberikan kepada operator adalah bagaimana posisi yang benar dan salah saat menurunkan peserta, dan cara belay atau menahan peserta saat meluncur yang benar dan salah. Sore hari pekerjaan selesai dan tim pun kembali ke Semarang untuk melanjutkan kegiatan WAPEALA yang lain yaitu BTKU dan PO lapis XXXIV.
Kegiatan pembuatan lintasan flyingfox kali ini memberikan banyak pembelajaran yaitu pentingnya kerjasama tim, keterampilan, ketelitian, dan kesabaran. Selain itu diperlukan juga pembagian tugas yang jelas untuk setiap anggota yang terlibat. Agar lebih efektif dalam menyelesaikan tugas ini.

Teks : Tahmida Fatmala Z (W-701 Pa)
Foto : Brillian Ayu C. (W-702 Pa)
Penyunting : Heharero Tesar Ashidiq (W-682 Nl)















Postingan populer dari blog ini

pengenalan diving (mari menyelam).

Gunung Slamet, Keparingan Slamet Dumugi Mandhap.

Mahameru, Butiran Pasir Keteguhan