Earth Hour 2017



Earth Hour itu kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia artinya jam bumi, mungkin bisa disimbolkan sebagai waktu yang diberikan oleh manusia untuk memperhatikan keadaan bumi ini. Earth Hour adalah salah satu kampanye WWF, organisasi konservasi terbesar di dunia yang berupa inisiatif al untuk mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis dan pemerintah di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak terpakai selama 1 jam pada setiap hari sabtu terakhir minggu ketiga bulan maret setiap tahunnya.

Tujuan utama dari kampanye ini adalah mengajak publik untuk melakukan perubahan gaya hidup yang sederhana dan murah yaitu hemat energi karena ketergantungan manusia terhadap listrik terus meningkat dari waktu ke waktu sedangkan sebagian besar dari pembangkit listrik itu berbahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara, dan gas alam) yang menghasilkan gas rumah kaca pemicu pemanasan al.

Nah pemanasan al ini berdampak pada cepatnya proses pencairan es di kutub sehingga memicu naiknya permukaan air laut jadi tidak heran jika daratan rasanya semakin tenggelam. Selain itu, pemanasan al juga menjadi salah satu pemicu kebakaran hutan, pemutihan karang, perubahan iklim dan peningkatan potensi kepunahan keanekaragaman hayati terutama yang hidup di daerah tropis.

Sejarah Earth Hour
Earth Hour berawal dari kampanye kolaborasi antara WWF – Australia, Fairfax media, dan Leo Burnet untuk mengurangi gas rumah kaca di Sydney, Australia sebanyak 5% pada tahun 2007. Kolaborasi ini dimulai pada tahun 2004, saat itu WWF Australia mengadakan pertemuan dengan sebuah biro iklan, Leo Burnet untuk membicarakan solusi untuk menanggulangi masalah perubahan iklim yang semakin parah dan cara melibatkan warga Australia dalam kampanye isu perubahan iklim.

Tahun 2005, mereka mengembangkan sebuah konsep yang diberi nama “The Big Flick”. Inilah cikal bakal dari konsep Earth Hour. Pada tahun 2006, konsep ini kemudian diterapkan pada Fairfax media yang mendukung kegiatan ini. Akhirnya Earth Hour pertama dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2007.

Setelah itu, bulan Maret tahun berikutnya Earth Hour terus dilaksanakan sampai saat ini. Inilah catatan pelaksanaan Earth Hour dari tahun ke tahun.

Earth Hour 2007 (31 Maret 2007)
Earth Hour 2008 (29 Maret 2008)
Earth Hour 2009 (28 Maret 2009)
Earth Hour 2010 (27 Maret 2010)
Earth Hour 2011 (26 Maret 2011)
Earth Hour 2012 (31 Maret 2012)
Earth Hour 2013 (23 Maret 2013)
Earth Hour 2014 (29 Maret 2014)

Untuk tahun ini, Earth Hour dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2015

Apa yang harus dilakukan untuk mendukung Earth Hour?
Ada banyak hal sebenarnya, tidak terbatas pada kegiatan Earth Hour saja tapi kalian dapat berpartisipasi dalam kegiatan Earth Hour dengan memandamkan lampu dan alat elektronik yang tidak kalian gunakan pada tanggal 28 Maret 2015 jam 20.30 sampai 21.30 WIB, cuma 60 menit kok (bisa lebih kalau kalian mau). Tapi aksi penghematannya tidak cuma pada tanggal itu, jika sekarang kalian ingin menerapkan konsep hemat energi, kenapa tidak? Aksi peduli lingkungan lainnya yang dikampanyekan oleh Earth Hour adalah penghematan limbah plastik, membawa botol minum sendiri, naik angkutan umum, menolak styrofoam, dan berbagai aksi lainnya. Penjelasan terkait hal ini akan aku bahas pada postingan-postingan selanjutnya.

Kenapa harus hari sabtu akhir bulan Maret?
Earth hour dilaksanakan pada hari sabtu agar tidak mengganggu aktivitas rekan-rekan pada hari kerja. Lagian hari sabtu biasanya digunakan sebagai hari untuk istirahat dan berkumpul bersama keluarga jadi setiap anggota keluarga juga bisa ikut melakukan aksi penghematan ini.

Lalu mengapa pada akhir bulan Maret? Soalnya pada akhir Maret sebagian besar negara di seluruh belahan dunia mengalami pergantian musim sehingga suhunya cukup nyaman jika pendingin maupun pemanas ruangan dimatikan sejenak selama Earth Hour. Tidak ada yang kedinginan dan tidak ada yang kepanasan :) Alasan lain memilih akhir bulan Maret lagi-lagi karena sebagian besar negara di seluruh belahan dunia sudah cukup gelap sekitar pukul 20.30 – 21.30 sehingga efek pemadaman lampu saat Earth Hour lebih terasa, berbeda jika dilakukan pada pertengahan tahun dimana beberapa negara tertentu masih terang pada jam 8 malam, efek gelapnya tidak terasa :)

Setelah satu jam, jadikan gaya hidup

Arti logo Earth Hour
Pasti ada yang bertanya nih, sebenarnya apa arti logo 60+ yang digunakan oleh Earth Hour? Logo itu pada awalnya hanya berupa angka 60 bermotif bumi loh melambangkan 60 menit waktu yang digunakan untuk berpartisipasi dalam Earth Hour namun sejak 2011 logo tersebut mendapat tambahan tanda “+” (plus). Tanda plus itu sebagai simbol bahwa penghematan itu tidak hanya dilakukan selama sejam, tapi setelah itu kita bisa melakukan aksi penghematan tambahan. Kata magic dibalik angka 60+ itu adalah “Setelah satu jam, jadikan gaya hidup”

Postingan populer dari blog ini

pengenalan diving (mari menyelam).

Gunung Slamet, Keparingan Slamet Dumugi Mandhap.

Mahameru, Butiran Pasir Keteguhan