PENINGKATAN POTENSI SUMBERDAYA MANUSIA SEBAGAI PENUNJANG EKOWISATA GOA KALISUCI




Ekowisata  Goa Kalisuci yang terletak di Jl. Wonosari, Jetisan Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi buruan wisatawan yang meyukai adventure, nature, exotis dan Sensational.  Dari hal tersebut maka menimbang dari segi keamanan,  wisatawan umum yang berkunjung diwajibkan untuk didampigi oleh Guide dalam explore goa kalisuci.
Kalisuci merupakan nama salah satu goa yang berada di kawasan Karst Geopark Gunung Sewu, Gunung Kidul, DIY. Kalisuci merupakan goa yang memiliki sungai deras di bawah tanah. Hal ini menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke goa kalisuci. Struktur goa kalisuci terbentuk secara alamiah dari tetesan air yang mengandung kalsid secara terus  menerus sehingga memembentuk struktur ornament-ornamen dalam goa seperti flowstone, goardam, stalaktid, salakmid dan sebagainya.  Dalam pembentukan ornament goa membutuhkan waktu beribu-ribu tahun lamanya sehingga ornamen-ornamen yang terdapat di perut goa perlu di jaga keasriannya. Selain itu didalam perut goa beribu-ribu makhluk hidup yang hidup didalam goa yang menggantungkan hidupnya dengan memanfaatkan mikroorganisme, bahan organik serta  rantai makanan dalam hidupnya seperti kelelawar, kalacemati, ikan, udang dan lain sebagainya. Menimbang hal tersebut maka pengunjung yang memasuki perut goa diwajibkan dipandu oleh guide wisata goa kalisuci agar dalam kunjungannya tidak akan mengganggu dan merusak kehidupan di dalam perut goa dalam menunjang keasrian lingkungan. tentunya guide yang tergabung dalam wisata goa kiskendo perlu memiliki syarat khusus kemampuan skill dan wawasan yang baik mengenai kawasan kast dan ilmu speleology.
Dari pimpinan Goa Kiskendo menetapkan syarat utama  untuk menjadi Guide wajib memiliki sertifikasi minimal sertifikat yang dikeluarkan oleh HIKESPI. Hikespi adalah himpunan Kegiatan Speleologi Indonesia yang merupakan anggota Union Internationale de speleology (IUS) dan organisasi yang bersifat profesi dam keilmuan yang terdaftar dalam Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesai (LIPI), berafiliasi dengan Departement of Speleology Education International Union of Speleology.  Dengan pelatihan dan sertifikasi dari Hikespi menunjukan kualitas sumberdaya manusia dari Guide yang tidak akan diragukan demi keamanan dan kenyamanan wisatawan dan wisatawan yang mengunjungi goa kiskendo tidak menjadi parasit bagi kehidupan biospeleologi.


Postingan populer dari blog ini

pengenalan diving (mari menyelam).

Gunung Slamet, Keparingan Slamet Dumugi Mandhap.

Mahameru, Butiran Pasir Keteguhan