Pelestarian Lingkungan Desa Rahtawu


Antusias Mahasiswa Pecinta Alam (WAPEALA) Universitas Diponegoro dalam pengabdian masyarakat di Desa Rahtawu, Kabupaten Kudus terlihat dari kerjasama antara Anggota dan Masa Bakti WAPEALA dengan masyarakat Desa Rahtawu dalam kegiatan penanaman pohon dan bersih sungai yang bertepatan pada hari Minggu tanggal 28 Februari 2016.
 

“Pengabdian Masyarakat dilakukan semata-mata untuk mengajak masyarakat dalam menjaga kelestarian alam melalui penghijauan beserta kebersihan dilingkungan sekitar kita”. Ujar Dewi Kurniasih (W-663 Pm) selaku ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Masyarakat.
Seratus benih pohon jenis sengon laut (Paraserianthes falcataria) ditanam dipinggir sungai desa yang terletak pertengahan lingkungan perumahan, harapannya pohon tersebut dapat terrawat dan tumbuh sesuai dengan karakteristik unggul pohon tersebut. Pasca penanaman pohon dilanjut dengan pembersihan lingkungan melalui pemungutan sampah-sampah di sungai depan Kantor Balai Desa Rahtawu.
 
Bapak Sugiyono selaku Ketua Desa Rahtawu mengungkapkan bahwa masih kurangnya kesadaran masyarakat mengenai pembuangan sampah pada tempatnya yang tercermin dari kebiasaan yang turun temurun membuang sampah di sungai sehingga banyak dijumpai sampah rumah tangga didalam aliran sungai tersebut.
Dari kegiatan bersih sampah ini merupakan metode yang diambil oleh Mahasiswa Pecinta Alam (WAPEALA) untuk mengajak masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan penghijauan alam tentunya dengan ikut serta partisipasi masyarakat dalam pugut sampah dan penanaman pohon ini. (*HUMAS/WAPEALAUNDIP) 

Postingan populer dari blog ini

pengenalan diving (mari menyelam).

Gunung Slamet, Keparingan Slamet Dumugi Mandhap.

Mahameru, Butiran Pasir Keteguhan