Melihat Lebih Dekat Biota Laut Pulau Panjang (BTKK Diving)



Hari Pertama 15 Januari 2016

Hari ini adalah malam karantina bagi peserta BTKK Diving Lapis 32. Di malam ini selain mengondisikan peserta, juga cek terakhir kesiapan berangkat ke lapangan, Pulau Panjang Jepara. Cek kesiapan meliputi ceklist logistik, tes materi, pemantapan materi dan istirahat. Ketigabelas peserta sangat antusias dari hari pertama ini, terlihat dari kesiriusan dalam mempersiapkan logistik dan materi. Istirahat malam untuk malam ini dirasa sudah cukup. Tigabelas peserta tersebut yaitu : Aan, Retno, Rivaldy, Wahyu S., Fajar, Prafani, David, Wahyu D., Tesar, Tsaqif, Alif, Darsini, dan Fahri.

Hari Kedua 16 Januari 2016

Pagi setelah ibadah subuh bagi yang menjalankan, peserta didampingi anggota melaksanakan olaharaga di sekitar PKM Joglo Undip Pleburan. Usai olahraga mereka sarapan pagi untuk mengisi energi unutk berkegiatan hari ini. Upacara pemberangkatan pun dilaksanakan setelah itu. Peserta berangkat menggunakan truk bersama sekaligus membawa peralatan yang dibutuhkan. Perjalanan menuju Jepara dimulai sekitar pukul 07.30 hingga pukul 10.30.

Sampai di Pelabuhan Kartini peserta langsung menuju perahu Sapta Pesona menuju Pulau Panjang. Tantangan pertama dimulai disini, ada alat yang terjatuh di dermaga dan akhirnya harus SAR alat menggunakan peralatan seadanya, Masker dan Snorkel. Hingga akhirnya setelah ditemukan semua tim pencari pun menyusul ke Pulau Panjang.

Sampai Pulau Panjang, aktifitas camp dimulai. Peserta langsung menuju lokasi camp yang ditentukan anggota dan persiapan turun ke air. Olahraga dan pemanasan dilakukan setelah makan siang dan dilanjutkan latihan teknik entri dan adaptasi laut dengan teknik water trap. Beberapa peserta masih gelagapan di air. Namun, semua dapat mempraktekan materi dengan cukup baik. Setelah itu mereka melakukan latihan berenang menggunakan alat skin dive juga latihan berenang. Tidak lupa diajari juga teknik rescue, terutama self recue.

Hari ini ditutup dengan evaluasi malam setelah aktifitas camp. Kebanyakan peserta masih belum menguasai teknik dengan baik. Kedisiplinan dan kesriusan di lapangan juga masih kurang. Hal tersebut menjadi PR bagi hari besok.

Hari Ketiga 17 Januari 2016

Di hari ketiga ini adalah full latihan di air. Dimulai dengan pemanasan pagi mengitari Pulau Panjang. Setelah itu latihan selajutnya adalah water trap. Awalnya setiap peserta lebih mengutamakan diri sendiri. Ditambah masih ada satu orang yang sangat kesusahan untuk melakukan water trap dengan baik. Peserta dikomando untuk saling back up dengan cara melingkar di air. Banyak evaluasi untuk latihan pagi ini. Setelah itu water trap kedua mulai menggunakan skin dive. Tidak banyak halangan untuk latihan water trap yang menggunakan alat ini. Hingga siang hari mereka dimantapkan untuk menguasai materi pagi ini.

Setelah waktu menunjukan sekitar pukul 11. Mereka diberi materi pemantapan untuk Scuba dive. Setelah jalur terpasang satu per satu peserta melakukan penyelaman di kedalaman 3meter. Bagi yang belum pernah sama sekali menyelam di laut, mereka masih panik. Beberapa kendala lain adalah pengturan boyancy yang kurang. Secara keseluruhan ke-tigabelas peserta melakukan dive dengan cukup baik.
Materi yang diterapkan hanya beberapa saja, mengingat kebutuhan tabung yang menipis. Materi-materi yang diterapkan cukup simpel yaitu Mask Clearing, komando sederhana, dan penjelajahan mengikuti jalur yang telah dibuat. Biota disana yang terlihat ada beberapa ikan, bulu babi dan terumbu karang. Jarak pandangnya cukup untuk melihat jalur, yaitu sekitar 1,5 – 2 meter.

1 orang instruktur turun bersama 2 orang peserta. Peserta ditentukan oleh instruktur agar penyelaman dapat berjalan lancar. Hingga akhirnya orang terakhir menyelam berdua dengan instruktur.

Hari Keempat 18 Januari 2016

Pagi ini peserta lebih tertib mengikuti kegiatan. Semua peserta pun sudah bisa mempraktekkan materi dengan lancar. Materi tambahan tentang Scuba diberikan untuk mengisi hari ketiga ini, juga ada tambahan latihan long fins swimming.


Setelah setengah hari memantapkan materi, peserta pun kembali ke camp masing masing dan packing. Perjalanan menuju Semarang dimulai pukul 13.30. Kegiatan ini pun ditutup dengan pengukuhan Masa Bhakti Wapeala UNDIP di PKM Joglo Pleburan lantai 2. Ada 6 Calon Masa Bhakti yang dikukuhkan malam ini.

gambar menyusul. :D

Postingan populer dari blog ini

pengenalan diving (mari menyelam).

Gunung Slamet, Keparingan Slamet Dumugi Mandhap.

Mahameru, Butiran Pasir Keteguhan