Green Living

Salam Hidup Hijau !

Sedulur-sedulur Wapeala semua pasti sudah tidak asing dengan tren harga BBM yang selalu naik, aksi penolakan yang terjadi muncul di berbagai tempat. Pengaruh dari harga BBM yang melambung ini akan merambat luas ke sektor-sektor ekonomi dimana nilai semua kebutuhan pasti akan naik juga. Tapi disini kita tidak akan membahas lebih lanjut tentang harga BBM melainkan cara mengambil sisi positif dari yang sedang kita rasakan di bumi ini, yang kian hari dirasakan sudah kian lelah dengan ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

Salah satu cara yang dapat kita terapkan adalah sikap peduli pada kelestarian lingkungan, semua perubahan besar bisa dimulai dari diri kita sendiri. Gaya hidup hijau dapat menjadi inspirasi untuk menjadikan Bumi Lebih Hijau. Yuk terapkan tips praktis yang bisa kita kontribusikan buat Bumi kita seperti dibawah ini :) dan yang pasti sikap Konsisten dari Hidup Hijau itu sudah Keharusan , bukan sekadar ikut tren.

 Kita bisa melakukan hal-hal kecil yang bermanfaat besar seperti ini:
  1. Jika jarak ke kampus, kantor atau bepergian tidak terlalu jauh, bisa jalan kaki atau gunakan sepeda. selain hemat BBM kita juga jadi lebih sehat kan :)
  2. Matikan semua alat elektronik saat tidak digunakan. Kerlip merah penanda standby menunjukkan alat tersebut masih menggunakan listrik
  3. Pilihlah perlengkapan elektronik serta lampu yang hemat energi
  4. Saat matahari bersinar hindari penggunaan mesin pengering, jemur dan biarkan pakaian kering secara alami
  5. Matikan keran saat sedang menggosok gigi atau jika sudah tidak digunakan
  6. Gunakan air bekas cucian sayuran dan buah untuk menyiram tanaman
  7. Segera perbaiki keran yang bocor – keran bocor menumpahkan air bersih hingga 13 liter air per hari
  8. Jika mungkin mandilah dengan menggunakan shower. Mandi berendam merupakan cara yang paling boros air
  9. Selalu gunakan kertas di kedua sisinya
  10. Gunakan kembali amplop bekas
  11. Jangan gunakan produk ’sekali pakai’ seperti piring dan sendok kertas atau pisau, garpu dan cangkir plastik. Nah perlu diketahui jg styrofoam adalah salah satu jenis sampah plastik berbahaya.
  12. Gunakan baterai isi ulang
  13. Pakai tas kain jika ke supermarket ato belanja di pasar, selain hemat juga mengurangi sampah plastik
Nah, sedulur-sedulur.. perlu diketahui, untuk memproduksi listrik kita juga menggunakan Bahan Bakar dari Fosil yang lama-kelamaan akan habis juga, untuk itu penggunaan yang dapat berhubungan dengan itu sebisa mungkin kita kurangi sedikit demi sedikit. Jika yang melakukan hal kecil seperti ini banyak orang, pengurangan konsumsi energi akan sangat besar. Untuk itu mari kita terapkan Hidup Hijau mulai dari diri kita sendiri untuk kelangsungan bersama di Bumi kita tercinta :)


Salam Hidup Hijau ! :)

Dapus :http://ganar.student.umm.ac.id/






Postingan populer dari blog ini

pengenalan diving (mari menyelam).

Gunung Slamet, Keparingan Slamet Dumugi Mandhap.

Mahameru, Butiran Pasir Keteguhan