PERJALANAN EKSPEDISI KINABALU WAPEALA 2008

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) WAPEALA UNDIP telah mengadakan kegiatan “Ekspedisi Kinabalu Wapeala Universitas Diponegoro 2008” pada tanggal 3 – 11 Desember 2008. Kegiatan tersebut di ikuti oleh 3 Anggota Biasa WAPEALA yang kesemuanya masih berstatus mahasiswa UNDIP. Ketiga atlet tersebut adalah Ali Fakhroni (mahasiswa D3 Teknik Sipil UNDIP angkatan 2006). Atlet kedua yaitu Gregorius Angga W. D (mahasiswa fakultas Hukum UNDIP angkatan 2006) yang sekarang menjabat sebagai ketua WAPEALA. Atlet yang ketiga yaitu Tri Widyaningsih (mahasiswi D3 fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi angkatan 2006). Ekspedisi tersebut telah menaklukkan Gunung Kinabalu Sabah, Malaysia dengan ketinggian 4.101 meter yang merupakan gunung tertinggi kedua di Asia Tenggara, melaksanakan study pariwisata dan penelitian di Taman Nasional Kinabalu Park, dan pendokumentasian kegiatan. Ekspedisi Kinabalu merupakan simulasi untuk kegiatan “Seven Summit II Expedition-Kilimanjaro South Africa WAPEALA Diponegoro University“ yang merupakan program jangka panjang WAPEALA UNDIP.

Sebelum keberangkatan ekpedisi, dilaksanakan upacara pemberangkatan yang dihadiri oleh Pembantu Rektor III UNDIP (Bpk. Sukinta, SH, M.Hum), Pembina WAPEALA (Bpk. Drs. Wahyu Hidayat, Msi), ALB dan AB WAPEALA. Pemberangkatan dari Semarang menggunakan kereta api sampai Jakarta, disambung dengan pesawat Air Esia dari bandara Soekarno Hatta menuju bandara kota Kinabalu. Sampai di Kinabalu, atlet check in di Kinabalu Backpackers Ladges, selanjutnya ke Kinabalu Park sampai Timpohon Gate. Pendakian dimulai dari Timpohon Gate ke Laban rata, kemudian check in di Gunting Lagadan Hut. Pendakian diteruskan dari Guting LH sampai puncak Low’s Peak (4.101 m) yang memakan waktu 4,5 jam. Untuk gunung Kinabalu, ada sedikit perbedaan dengan gunung di Indonesia pada umumnya. Setiap pendakian di sana harus didampingi guide. Disepanjang rute pendakian ada tali yang membentang sampai puncak dan ada tong sampah di tepi jalan. Disetiap pos pendakian juga ada tempat untuk mengambil air dan kamar mandi. Sampai di puncak sebelum jam 07.30 waktu setempat para pendaki harus turun, dikarenakan untuk musim penghujan saat ini kabut sangat tebal dan akan mengganggu perjalanan para pendaki. Perjalanan turun dari puncak, atlet kemudian menginap di Mountain Rest House. Hari selanjutnya atlet melaksanakan kunjungan ke Universitas Malaysia Sabah (UMS). Disana mereka mendapat kesempatan mengunjungi semua kompleks di sekitar kampus, Aquarium Marine UMS, musem kota Sabah, mengambil data di Sabah Park Office dan Sabah Tourism Board, mencari souvenir di pasar philipina.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu atas terlaksananya kegiatan ini

dokumentasi kegiatan bisa dilihat DISINI

Untuk info selengkapnya bisa menghubungi sekretariat WAPEALA UNDIP, PKM Joglo Pleburan Jl. Imam Bardjo, SH no. 2 Semarang, Jateng (50741). Telp. 024-8453508. Email : wapeala@yahoo.com

Postingan populer dari blog ini

pengenalan diving (mari menyelam).

Gunung Slamet, Keparingan Slamet Dumugi Mandhap.

Mahameru, Butiran Pasir Keteguhan