KESEHATAN PERJALANAN (HIGIENE MARS)

1. Persiapan perjalanan :
• Dilarang memakai sepatu baru, sepatu harus lembek.
Kalau sepatu sebelah dalam ada yang keras dan dapat menimbulkan perasaan sakit agar dilapis atau diberi vaselin dan sebelum memakai sepatu kaki diberi bedak.
• Jangan memakai kaos kaki berlubang, kaos kaki harus bersih dan kering untuk mencegah penyakit pada kaki.
• Sebelum berangkat vedfles harus diisi.
• Beban yang dibawa sebagai patokan dibawah 30% dari berat badan. Paling banyak 45% dari berat badan.
2. Pada waktu perjalanan
Harus diusahakan agar sedapat mungkin kaki selalu kering. Bila kaos kaki menjadi lembab oleh keringat atau basah oleh hujan, penyeberangan rawa/sungai maka pada kesempatan pertama harus diganti dengan yang kering. Bila perlu kaos tersebut dapat dikeringkan sambil meletakkannya dibawah baju kita.
3. Pada waktu istirahat
Diusahakan berbaring dengan kaki lebih tinggi dari kepala dan kalau ada kesempatan kaki di bersihkan.
4. Dalam bivak/dome/perkemahan
Semua kaos kaki bekas dipakai dicuci. Sedapat mungkin mencuci kaki dengan air hangat sesudah itu direndam dengan air dingin selama 10 menit. Apabila terjadi gelembung (blastors), disekitarnya diusapkan dengan yodim/alcohol. Dengan jarum seteril ditusukan sebelah bawahnya sehingga cairan akan mengalir keluar. Kalau sudah kosong beri yodium lagi, beri gas dan di plester, kulit yang rusak jangan dipotong.

Pengaruh Panas Selama Mars
Suhu tinggi yang dapat ditahan manusia waktu bekerja ialah 100,5° F. Namun batas suhu tidak boleh melebihi 102° F, kalau ini dilampaui bisa timbul kelengar matahari. Pemakaian tenaga seseorang yang terlatih fisiknya dengan beban lengkap pada jalan rata adalah 360 kalori per jam.
1. Kehilangan air dari tubuh.
a. Jumlah air dalam tubuh manusia ialah kurah lebih 60% dari berat badan.
b. Kalau kehilangan air 1 liter akan terasa haus, kehilangan 2-2,5 liter tanpa penggantian akan menimbulkan gangguan fisik nyata.
c. Kalau kehilangan 3 liter, maka bahaya maut mengancam.
d. Mars pada suhu 100° F tanpa penukaran cairan, bisa menyebabkan kelengar matahari denga ancaman kematian akibat kekurangan cairan.
2. Kehilangan garam
a. Berjalan 15 mil pada suhu 80° F – 105° F akan keluar garam 100 gr selama 24 jam ( dalam keringat).
b. Penggantiannya adalah dari makanan mendapat 50 gr dan 50 gr lagi ditambahkan kedalam air minum. Konsentrasi larutan 0,1% atau 2 tablet untuk satu vedfles.

Banyaknya air yang boleh diminum selama mars :
1. Sebagai pedoman ialah : berikan air sebanyak yang keluar dari tubuh orang itu, kalau selama mars 25 mil kehilangan 7,5 liter, maka sebagai tambahan berikan 7,5 liter air minum.
2. Tambahkan garam kedalam air minum, sehingga mencapai kadar 0,1%.
3. Selama perjalanan minumlah air dingin, tetapi jangan air es.
4. Setelah sampai di tempat minum teh manis, karena ini menyegarkan, memberikan stimulant dan gulanya dapat langsung diserap oleh darah. Keadaan ini berguna untuk otot-otot.
5. Makan makanan yang hangat dan jangan pergi tidur sebelum makan.

Postingan populer dari blog ini

pengenalan diving (mari menyelam).

Gunung Slamet, Keparingan Slamet Dumugi Mandhap.

Mahameru, Butiran Pasir Keteguhan